embah bilang

belajar mentertawakan diri sendiri lewat ironi dan sinisme…

Garuda Panca….

masih ingat embah waktu masih sekolah di SD negeri dikampung, suka nyanyi plesetan bareng sama teman – teman…lagunya begini..

Garuda panca pencit,  (pencit adalah bahasa daerah jawa untuk buah mangga muda yang rasanya masih asem)

aku gak nduwe duit, (aku gak punya duit)

gawe tuku sendal jepit, (buat beli sendal jepit)

Karena waktu itubanyak sekali teman sepermainan embah yang kemana – mana nyeker alias tidak pakai alas kaki, bahkan sandal jepit pun mereka gak punya… sekolahpun mereka tidak pakai alas kaki, merek yang sangat terkenal dulu adalah sepatu bata, bukan nike atau adidas, dll…

korelasinya lagu plesetan itu dengan kondisi sekarang ternyata masih tetap ada lho!!

Pancasila yang sekarang sudah berusia lebih dari 50 tahun kan, nah kalau ukuran manusia itu pasti sudah sangat mumpuni dan dewasa, tetapai untuk ukuran usia burung, mungkin sudah uzur banget dan sudah tidak bisa terbang tinggi dan cepat, bahkan untuk mengepakkan sayapnya dan membuka lebar sayapnya untuk melindungin ‘sarang’ nya sendiri sudah tidak kuat…

dan kita patut prihatin karena kita  yang selama ini dilindungin dibawah kepak sayap garuda, ternyata kita tidak mampu merawat burung ini supaya punya keturunan yang gagah perkasa dan mampu melindungi sarangnya dengan kejujuran dan rasa damai tetapi tegas!!

kita gagal untuk sekedar membersihkan sayap pelindung kita dari ‘kutu-kutu’ dan lintah yang menghisap darahnya, sampai akhirnya dia sendiri mandul dan tidak bisa memberikan keturunan burung baru yang sehebat dia waktu dilahirkan dulu!! yang mampu berteriak lantang dan membuat ngeri siapapun yang akan menganggu sarangnya…

kita tidak bisa lagi melihat dia terbang dengan tinggi diangkasa serta memberikan rasa tentram bagi semua anak – anaknya yang menunggu disarang…

apakah kita akan biarkan burung ini sekarat dan mati dalam kesia – siaan? dan yang lebih parah, banyak sekali burung kecil lain yang menyamar menjadi burug Pancasila disarang kita sendiri, seolah – olah mereka adalah Garuda baru yang mampu memberikan semua yang pernah kita terima dari burung Garuda Senior…!!!

apa iya? atau mereka cula mau menutupi bahwa disayap burung-burung palsu ini juga banyak kutu dan penumpang gelap?

ahh seandainya…Garudaku dulu dirawat dengan cermat, tentu sekarang dia masih sangat perkasa, mampu terbang tinggi dan mampu melindungin anak2 disarangnya…

dan lagu plesetan Garuda Panca pencit gak perlu dinyanyikan lagi….

Desember 27, 2007 Posted by | embah bilang | 1 Komentar

sakit apa Indonesia?

Seandainya Indonesia ini seorang anak kecil maka semua orang yang bertemu pasti bilang? sakit apa nak Indonesia? kok mukanya pucat, terus perutnya kembung, badanya kurus dan matanya berair?

Bagaimana tidak seharian kemarin aku cuma bisa sesak napas membaca berita2 yang dimuat sebuah harian nasioanl dan daerah tentang kelakuan (kucing garong), komentar, sikap dan keangkuhan para pejabat dan mantan pejabat negri ini.

dihalaman paling depan, ditulis dengan judul besar pula ” Menkeu KEjar Pajak Miliarder” ini sehubungan dengan rilis forbes tentang daftar 40 orang terkaya Indonesia yang diantaranya Aburizal Bakrie dan Jusuf Kalla (bener gak nulis nama mereka neh he he)  kok saya yang bodo ini jadi bingung, kenapa menkeu baru mengejar pajak mereka sekarang? kenapa kok baru sekarang mau akan diperiksa dan dicocokan? apakah selama ini dep keu dan dirjen pajak gak punya data sama sekali tentang pembayaran pajak dari kerajaan2 dan kekayaan mereka? semsetinya kan tinggal cross check saja dari pajak yang mereka sudah bayar dengan laporan kekayaan yang di forbes, trus panggil deh mereka…gini aja kok dibikin repot, ruwet dan serba prosedur yang gak selesai2.

Berita lain, Ali Imron sang pengebom ternyata pada akhirnya sadar dan  mengakui kalau jihad yang mereka lakukan dulu itu salah besar dan cuma menimbulkan kebencian dari semua manusia kepada mereka dan tidak mencerminkan Islam yang katanya Cinta Damai.

Berita beberapa hari sebelumnya juga bikin ngenes, Wakil Presiden mengatakan korban LAPINDO tenang aja, karena Abunawas eh Aburizal adalah orang terkaya di Indonesia jadi untuk membayar ganti rugi korban LAPINDO karena tidak akan membuat dia jadi miskin kale ye…tapi pak kok sampai sekarang masih dicicl? padahal lumpurnya diterima dengan kontan!? dan juga cukup mengherankan kok sampai hari ini tidak ada pernyataan permohonan maaf dari pemilik LAPINDO ya? apa dia bukan pemilik sebenarnya? cuma pasang badan en pasang nama aja? jangan2 yang punya LAPINDO itu…….gondoruwo…

Rekening PEmerintah ternyata amburadul, rekeningnya berjumlah: 5,149 rekening dan total duitnya 29,9 triliun wuihhhh ini baru hebat, sebuah negara yang miskin kok bisa ada duit tidak bertuan sebanyak ini….sementara buanyaaaak banget saudaraku yang mati kelaparan!! week rasanya pingin muntah aku!!

Ada juga yang konyol, dipanggil KPK, ketua FPG (partai kuning) menawar, lha ini baru seru, orang yang dicurigai melakukan tindak pidana korupsi terus mau diperiksan dan dipanggil kok malah ditawar, januari aja deh…emangnya negara ini milik kakek moyangnya apa? paling-paling dia lagi pergi kepasar untuk beli kambing hitam tuh… luar biasa sombongnya pejabat ini, wakil rakyat kok begitu ya, siapa sih yang dulu milih dia? makanya sekarang embah bilang, jangan pilih wakil kita dari partai yang itu2 aja, cari alternatip, ya semacam pengobatan alternatip gitu lho… biar negara ini sedikit teratur dan aparatnya tidak bersikap layaknya kolonial!!

PSSI ? sepak bola? waduh…FIFA aja dilawan kok…yang namanya kalau sudah menyangkut urusan perut maka apapun akan dilakukan dan pantang mundur membela yang bayar, bukan pantang mundur membela yang benar wakakakak

Bupati Garut (purnawirawan LETKOL) Agus Supriyadi didakwa tiga kasus korupsi dengan menyelewengkan dana APBD 10,8 milyar, waduh kehabisan komentar aku…bingung mau nulis apa lagi nih…? kasus seperti ini sudah seperti jamur… satu dicabut, yang lain pada muncul…

Negaraku ini sudah diperlakukan kayak sampah oleh orang2 yang berhati keji! mereka berani melawan hukum dan dengan arogansinya mereka mempermainkan hukum dengan pinter2an argumentasi dan pinter2an memutar balik kata2…

Kenapa embah selalu sinis ? karena ya cuma ini yang diwariskan dan dicontohkan oleh rezim , pemerintah, pajabat politisi dan seabreg orang-orang beredukasi tinggi sebelumnya kepada semua warag negaraku, rasa curiga, dan tidak percaya, pesimis dan serta selalu menganggap bahwa semua itu cuma main-main atau sandiwara tok… sudah menjadi hal yang selalu kita bisa percayai…sialnya kebanyakan selalu benar dan terbukti. sek tak ngopi lan njaluk pijet eyang putrimu …

Desember 19, 2007 Posted by | embah bilang | 1 Komentar

Selesai deh…

Hajatan global warming di Bali akhirnya selesai juga, yang pasti semuanya udah pada sadar dan mau mengerti bahwa biar bisa tetep hidup langgeng, sehat dan selamet musti juga bekerjasama sama negara2 berkembang dan dunia ketiga yang ternyata masih memiliki hutan dan pabrik O2 biar orang2 maju dan beradab bisa bernafas terus…

Menurut laporan dari pejabat berwenang dan pinter, katanya dari hajatan ini Bali ketiban 500 miyar rupiah (banyak juga ya..) padahal cuma beberapa hari aja lho dari tgl 3 – 14 Desember 2007, trus uang sebesar itu yang nyampe ke rakyat kecil kira2 berapa persen ya?

Kalau boleh kita bilang bahwa hajatan itu adalah sebuah Kue yang besar, maka saya hakul yakin orang2 yang tinggal di Bali cuma dapat remah2nya aja dari roti besar ini, karena biaya yang paling mahal pasti akomodasi dan makan, padahal dari begitu banyak hotel yang ada di Nusa Dua dan sekitarnya, pemiliknya adalah investor asing, weleh….jadi duit 500 milyar yang masuk ke Bali itu akhirnya juga menjadi uang “asing” lagi sementara penduduk bali ya dapat lah cuilan dikit2 gitu… yang banyak pasti tinggalan e..ek dan kondom bekas…

nah jadilah Bali sebagai (lagi) tempat sampah…. yo wis ben sak karepmu…

Desember 17, 2007 Posted by | embah bilang | Tinggalkan komentar

Bush salah lagi…!!

Untuk kedua kalinya kita bisa tertawa sinis atas apa yang terjadi dinegri adi kuasa yang namanya Amerika Serikat, menurut inforasi dari dinas rahasia mereka sendiri, terbukti bahwa di Iran tidak ada pengembangan nuklir untuk senjata atau apapun namanya seperti yang di klaim sama George Bush selama ini, untuk kedua kalinya dia salah…dan akibatnya seperti yang masih bisa kita lihat di Irak….weleh2 orang sudah salah masih juga enggak mau ngakuin….

tapi buat saya Amerika itu ada dua, yang satu adalah penduduk Amerika, yang sama seperti kita, banyak juga yang belum pernah naik pesawat terbang (kayak saya…kasian deh gue…!) yang satu lagi adalah P.T. Amerika yang kerjaannya cari minyak dan sumber alam dari negara lain….( Amrica Inc.)…. yo wis….

Desember 6, 2007 Posted by | embah bilang | Tinggalkan komentar

rame2 tanam pohon…tapi…!!

akhir2 ini banyak dari kita yang tersita dan seolah – olah sadar bahwa bumi tempat tinggal kita mulai capek dan mulai protes atas sikap manusia yang semena – mena, karena itu banyak banget tanda – tanda kalau bumi mulai marah pada kita, banyak gunung yang mau meletus, banjir, tanah longsor, banjir juga dan entah apa lagi yang mau muncul…

sehari – hari kita juga pada ngerasain bahwa suhu sekitar kita makin bertambah panas dan semakin susah untuk menghirup udara sekedar memenuhi permintaan paru – paru kita…panas dan dampaknya pada kita juga bisa dilihat kok, coba deh diamati, muka orang2 (kita juga) yang pada naik motor atau mobil di jalanan, semua pada kusut dan sepertinya ngeliat orang lain seperti ngeliat musuh.. gampang marah dan serba terburu-buru… padahal kalu kerja sambil marah2 produktifitas malah gak oke dan hasil kerja semakin tidak berkualitas..

untungnya sekarang pada mulai sadar bahwa pohon adalah bagian maha penting dari kehidupan kita, so banyak sekali organisasi yang mulai sadar tanam pohon, acara2 tanam seribu pohon bahkan sejuta pohon di-gaung-kan en orang pada dimobilisasi untuk menanam pohon mulai dari lingkungannya  sendiri2….

Buat embah…kalau cuma menanam sejuta pohon, bisa saja dalam satu hari selesai dan karena ini dilakukan oleh ber-banyak orang, kemudian sambutan dan liputan2 pers, tv dan banyak lagi supaya semua pada tergerak ikut menanam atau menjaga kelestarian alam…

pertanyaan terbesarnya adalah setelah menanam sejuta pohon (yang memang mudah untuk dilakukan) terus nanti siapa yang akan memulai gerakan ‘menyiram sejuta pohon…?’ karena kalau ini enggak dilakukan ya sama juga bohong, karena setelah ditanam kan perlu dirawat dan perlu disiram… jadi mustinya setelah gerakan nasional menanam pohon musti diikuti gerakan nasional menyiram sejuta pohon…ini baru bener….!!

Desember 3, 2007 Posted by | embah bilang | Tinggalkan komentar